CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »
zwani.com myspace graphic <foo

Selasa, 10 Februari 2009

biologi [mutasi]

Mutasi kromosom adalah perubahan jumlah kromosom dan susunan atau urutan gen dalam kromosom.Macam-macam mutasi kromosom :

1.Aneuploidi adalah perubahan jumlah n-nya. Aneuploidi dibagi menjadi 2, yaitu: ~ Autopoliploidi, yaitu n-nya mengganda sendiri karena kesalahan meiosis.~ Allopoliploidi, yaitu perkawinan antara spesies yang berbeda jumlah set kromosomnya.
2.Aneusomi
adalah perubahan jumlah kromosom. Penyebabnya anafase lag (peristiwa tidak melekatnya benang-benang spindel ke sentromer) dan non disjunction (gagal berpisah).

Aneusomi pada manusia dapat menyebabkan:

~Sindrom Turner,(22AA+X0). Jumlah kromosomnya 45 dan kehilangan 1 kromosom kelamin. Penderita Sindrom Turner berjenis kelamin wanita, namun ovumnya tidak berkembang (ovaricular disgenesis).

~Sindrom Klinefelter,(22 AA+XXY), mengalami trisomik pada kromosom gonosom. Penderita Sindrom Klinefelter berjenis kelamin laki-laki, namun testisnya tidak berkembang (testicular disgenesis) sehingga tidak bisa menghasilkan sperma (aspermia) dan mandul (gynaecomastis) serta payudaranya tumbuh.

~Sindrom Jacobs,(22AA+XYY), trisomik pada kromosom gonosom. Penderita sindrom ini umumnya berwajah kriminal, suka menusuk-nusuk mata dengan benda tajam, seperti pensil,dll dan juga sering berbuat kriminal.

~Sindrom Patau,(45A+XX/XY), trisomik pada kromosom autosom. Kromosom autosomnya mengalami kelainan pada kromosom nomor 13, 14, atau 15.

~Sindrom Edward,(45A+XX/XY), trisomik pada autosom. Autosom mengalami kelainan pada kromosom nomor 16,17, atau 18. Penderita sindrom ini mempunyai tengkorak lonjong, bahu lebar pendek, telinga agak ke bawah dan tidak wajar.

0 komentar: